Yasonna Tinjau Rutan Siak yang Terbakar, Bupati Siak Pemda Sudah Siapkan Lahan 5 Hektare

Yasonna Tinjau Rutan Siak yang Terbakar, Bupati  Siak Pemda Sudah Siapkan Lahan 5 Hektare

SIAK SRI INDRAPURA ( ForletNews.Com ) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly tiba di Rutan Klas II Siak, Senin (13/5/2019), sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangan Menteri untuk melihat kondisi Rutan yang terbakar pada Sabtu (11/5/2019) dini hari.

"Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau, Bupati Siak, Kapolda Riau, dan Kapolres Siak atas kerjasama yang sangat baik dan sangat erat," kata Yasonna.

Yasonna mengatakan sangat menyesalkan apa yang terjadi, meskipun ini bukan kali pertama. "Sudah menjadi persoalan fundamental di seluruh Indonesia yaitu over kapasitas," katanya.  

 

Over kapasitas yang kita hadapi di sini, katanya, sungguh luar biasa. Sebagian besar adalah kasus narkoba dan itu sudah benar dilakukan penindakan karena mayoritas penghuni Rutan Siak ialah pelaku kejahatan narkoba.

Di sini, kata Yasonna, ada 648 narapidana dan sebagian besar adalah kasus obat-obatan terlarang. Maka seperti di daerah lain, untuk pendekatan yang harus dilakukan adalah harus ada evaluasi dalam menangani perkara-perkara ini.

"Saya nanti akan mengundang Kapolri, menanyakan bagaimana dalam menangani tindak pidana narkoba karena pemakai saja akan masuk penjara maka ini terus menjadi masalah buat kita. Saya berharap para pemakai agar direhabilitasi, tapi kurir besar yang bandel harus dimiskinkan dan dihukum keras agar ada efek jera," bebernya. 

"Kami akan mencari jalan keluar terkait over kapasitas. Narapidana yang ada sekarang sudah didistribusi ke rutan-rutan seluruh Riau," ujarnya. 

Dikatakan Yasonna, Rutan Siak ini harus diperbaiki. Bupati Siak sudah melapor kepada dirinya bahwa sudah disiapkan lahan seluas lima hektare. 

"Nanti kita akan pikirkan kapasitasnya seperti apa, modelnya seperti apa dan ini memang sudah sangat tidak layak," ujarnya.

Untuk tahap sementara, ini direhab dulu. "Saya akan meninjau lapas yang di Rumbai Pekanbaru, di situ dapat menampung seribu bahkan ribuan," katanya.

"Kalau tidak ada dana untuk membangun lapas nanti pak Gubernur yang akan transfer," canda Yasonna kepada Gubri Syamsuar.