Walikota Riza Falepi Amanatkan 6 Inovasi Dari Setiap Perangkat Daerah Pada Tahun ini

Walikota Riza Falepi Amanatkan 6 Inovasi Dari Setiap Perangkat Daerah Pada Tahun ini

PAYAKUMBUH,(Forletnews.com) --- Pada tahap awal ini, kami mengamanatkan kepada setiap perangkat daerah untuk melahirkan minimal 6 inovasi sampai akhir tahun 2019,” hal ini disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam pembukaan Laboratorium Inovasi yang dilaksanakan oleh Pemko Payakumbuh bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Aula Ngalau Indah Balaikota Lt. 3 Eks Lapangan Poliko, Rabu (16/10).

Dalam hal ini, dihadiri oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, dijelaskan sejak awal menjadi pimpinan daerah di Kota Payakumbuh, kepemimpinan Riza - Erwin bertekad dan selalu berusaha sungguh-sungguh menghadirkan pemerintahan yang semakin hari semakin baik tata kelolanya dan semakin baik dalam melayani masyarakatnya.

“Kami menyadari bahwa sampai saat ini dalam pelaksanaan urusan-urusan pemerintahan di Kota Payakumbuh masih banyak yang harus diperbaiki dan disempurnakan, oleh karena itu pendampingan dan bimbingan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) sangat penting artinya bagi kami dalam melakukan perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan fungsi pelayanan kami kepada masyarakat Kota Payakumbuh,” kata Erwin Yunaz.

Ditambahkannya, tantangan ke depan juga semakin berat, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang menghadirkan di depan kita dunia yang tanpa batas, persaingan di segala lini yang semakin tajam, sehingga tidak ada pilihan lain selain kita harus berubah, dimana birokrasi harus lebih gesit, lebih efisien dan lebih berorientasi kinerja.

“Seiring dengan revolusi industri 4.0, kita harus bisa menghadirkan birokrasi yang up to date terhadap perkembangan teknologi informasi, birokrasi yang selalu berinovasi menghadirkan terobosan-terobosan baru yang dapat memudahkan pelaksanaan fungsi-fungsi pelayanan kita terhadap masyarakat, oleh karena itu peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan juga menjadi keniscayaan yang harus kita lakukan secara terus menerus dan kami berharap kerjasama ini juga menjadi bagian dalam upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah Kota Payakumbuh kedepannya,” terangnya.

Sebagai lembaga negara, Pemko Payakumbuh melihat LAN mempunyai posisi yang sangat strategis, disamping menjalankan fungsi pengembangan inovasi administrasi negara di bidang tata pemerintahan, pelayanan publik, serta kelembagaan dan sumber daya aparatur, LAN juga menjalankan fungsi pemberian fasilitasi dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang administrasi Negara.

Walikota juga berpesan kepada para kepala perangkat daerah, camat, kepala RSUD dan para kepala puskesmas agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik- baiknya, seraplah semua ilmu yang disampaikan nara sumber untuk diaplikasikan dalam tugas-tugasnya di perangkat daerah masing-masing. Dan ini menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi pemerintah Kota Payakumbuh diberi kesempatan menjalin kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Kerjasama ini memiliki arti penting dan strategis bagi Pemko dalam upaya meningkatkan kapasitas pemerintah sehingga kerjasama ini diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan di Kota Payakumbuh ke depan.

“Melalui kerjasama ini kami harapkan pendampingan dan bimbingan dari tim lembaga administrasi negara terhadap perangkat daerah Kota Payakumbuh dalam rangka peningkatan kinerja dalam menjalankan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. kerjasama ini juga merupakan wujud komitmen kami untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih (good government and cleangovernance) di Kota Payakumbuh,” pungkas Erwin.(rb)