Kunjungi Masjid Baiturrahman Payobasuang

TSR II Pemko Payakumbuh Serahkan Bantuan Rp.75 Juta

TSR II Pemko Payakumbuh Serahkan Bantuan Rp.75 Juta

PAYAKUMBUH,(Forletnews.com)--Derasnya hujan sejak Ashar hinga malam hari di Kota Payakumbuh tak membuat surut semangat Tim Silaturahmi Ramadhan (TSR) II Pemko Payakumbuh yang dipimpin Wakil Walikota Erwin Yunaz untuk mengunjungi jemaah mesjid Baiturrahman Sawah Kubang Kelurahan Payobasung Kec. Payakumbuh Timur.

Turut mendampingi Wakil Walikota pada Senin (13/05/2019) Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Kadis Sosial Idris, Kadis Pasar Koperindag, Herlina, Anggota DPRD, Nasrul, Camat Payakumbuh Timur, Ahmad Arifianto Lurah setempat Wengky dan tokoh masyarakat.

Kegiatan diawali dengan shalat Isya berjemaah dilanjutkan qiyamul lail shalat tarwih dan witir yang diimami Hendri Rinaldi selaku imam tetap di mesjid baiturrahman yang sempat ambruk pada Sabtu tanggal 27 Januari 2018, lalu.

Usai qiyamul lail, Ketua pengurus mesjid Riswandi dalam laporannya menyebutkan kondisi pembangunan Mesjid Baiturrahman. Dirinya menyebut bahwa kehadiran TSR sangat diharapkan jemaah. Karena sudah untuk kedua kalinya jemaah shalat tarwih di mesjid darurat.

"Untuk diketahui oleh tim Safari ramadhan, bahwa mesjid kita roboh tanggal 27 Januari 2018, dan ini menjadi duka Pemko Payakumbuh dan Sumbar. Dengan kebersamaan terkumpullah donasi, sehingga PR pengurus untuk bangun kembali mesjid, dibuktikan dengan peletakan batu pertama pembangunan kembali oleh Gubernur Sumbar bersama Walikota dan Kepala Kanwil Kementerian Agama pada tanggal 10 Mei 2018. Saat ini, kondisi mesjid sudah 68 % dan telah menelan dana sekitar 3 M. Alhamdulillah, sekarang masuk dana dari donatur di Jakarta Rp 200 juta.

Dikatakan Riswandi, lokasi mesjid diperluas dari biasanya. Penggalian pondasi yang telah dimulai bulan Mei itu dilanjutkan dengan
pembangunan fisik di bulan Desember 2018 dengan kondisi bangunan 3 lantai dengan basementnya

"Begini kondisi kami saat ini, shalat di mesjid darurat,"sebut Riswandi didampingi Ketua KAN EJ Dt. Tan Mamat.

Asisten III Bidang Adum, Amriul mewakili TSR II dalam sambutannya memperkenalkan anggota tim yang hadir. Dirinya juga menyampaikan salam maaf dari Wawako Erwin Yunaz sedang menyambut tamu dari Pemko Bandung

"Selama pesta demokrasi, kita sudah berbeda pilihan. Usai tanggal 17 April 2019 semuanya sudah usai pula. Tinggal kita menunggu penetapan Presiden dan Wakil Presiden. Untuk itu, Jangan salah memposisikan diri, termasuk salah upload di medsos. Karena NIK kita tercatat saat membeli kartu HP,"pesan Amriul.

"Jadi, biduak lalu kiambang batawuik, kita kembali bersatu membangun nagari kita. Kembali kita bangun mesjid kita. Ramadhan satukan kita,"pungkasnya.

Adalah Bapak Eri Ketua LPM Payobasung pada sesi tanya jawab sampaikan harapan kepada Pemko guna meringankan biaya mandiri untuk pengguna BPJS warga kurang mampu yang selama ini dibiayai warga melalui program Gebu.

"Kami berharap pemko Payakumbuh ikut membantu pendanaan Gebu Payobasung, sebagai donatur tetap untuk pembiayaan BPJS warga kurang mampu. Karena penghimpunan dana Gebu menurun akibat warga intens pencarian dana untuk pembangunan mesjid,"ungkap Er sampaikan harapan warga.

"Insyaallah, usulan Bapak akan kami koordinasikan dengan OPD terkait,"balas Amriul.

Kesempatan itu, TSR II Pemko Payakumbuh serahkan dana bantuan pembangunan Mesjid Baiturrahman senilai Rp 75 juta. Penyerahan disaksikan jemaah mesjid tersebut. (H/Rb)