Tak Ada Galian C Yang Mengantongi Izin Amdal Dari DLH Kampar

Tak Ada Galian C Yang Mengantongi Izin Amdal Dari DLH Kampar

BANGKINANG (FORLETNEWS.COM) -  Ternyata aktivitas galian C di Dusun Sungai Lintang, Desa Empatbalai, Kecamatan Kuok, tidak dibekali izin Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar.

Hal itu terungkap berdasarkan keterangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar, Aliman Makmur.

Ketika ditanya, apakah aktivitas galian c tersebut sudah memiliki izin amdal? Ia menjawab''belum ada (izin amdal, red),'' tegas Aliman, kepada media ini, Rabu (21/8).

Aliman juga memastikan, sejak dirinya masuk sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, pada kurun waktu Mei hingga Agustus 2019 ini, belum sekalipun instansinya mengeluarkan izin Amdal untuk galian c manapun di Kampar.

Pernyataan kepala dinas ini dipertegas oleh Sekretaris DLH, Ahmad Zaky. Ia mengatakan, jika galian c di Empatbalai Kuok itu tidak dibekali izin amdal.

Bahkan Zaky menyebut, di Kabupaten Kampar belum satupun operasional galian c yang telah memiliki izin Amdal dari DLH.

''Untuk izin Amdal belum ada yang keluar. Yang mengajukan baru ada lima. Itupun baru sebatas tahap survey, belum sampai kami terbitkan izin Amdal-nya,'' tegas Zaky.

Zaky menjelaskan, dari lima yang mengajukan izin dan telah disurvey oleh pihak DLH, tidak termasuk galian c yang beroperasi di Desa Empat Balai, Kuok. (naz)