Sosok Lurah Baru Balai Jariang Aia Tabit, Ronal.S.Sos.

Sosok Lurah Baru Balai Jariang Aia Tabit, Ronal.S.Sos.

PAYAKUMBUH,(Forletnews.com)--Berposisi sebagai Lurah Balai Jariang Aia Tabit tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh sosok Ronal.S.Sos. Kendati demikian, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Lurah Baru itu berkomitmen, dimanapun ditempatkan, akan berusaha maksimal melayani masyarakat.

Ditemui diruang kerjanya Juma,at (12/7) kemarin, Ronal – penggilan akrabnya-- baru beberapa bulan yang lalu menempati kantor barunya. Ia mengaku, belum banyak mengetahui kondisi wilayah yang dipimpinnya itu. Walau sudah melakukan komunikasi dengan beberapa ketua RT dan warga setempat, namun dirinya mengaku program kerja (proker) yang akan dia rencanakan belum tergambar secara utuh. Perlu beberapa waktu lagi, untuk memetakan kondisi wilayah. Sehingga menemukan proker apa saja yang sekiranya pas diterapkan kepada warganya.

“Intinya yang utama saat ini, bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ke depan akan kita benahi pelayanan administrasi di kelurahan, sehingga saat masyarakat datang, pelayanan yang dirasakan bisa lebih nyaman, cepat, dan ramah dengan petugas,” ungkapnya.

Pihaknya pun juga akan lebih intens lagi dalam melakukan komunikasi, pendekatan, dan sosialisasi kepada para ketua RT, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya. Hal ini ia lakukan karena dia yakin, suksesnya memberikan pelayanan serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tidak lepas dari peran warga sekitar.

“Kalau kelurahan sudah punya komitmen bersama dengan warga, tentu ketika ada kejadian atau masalah di wilayah mereka, dengan sendirinya warga akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan. Sehingga tidak membiarkan masalah itu dihadapi sendiri,” ujarnya.

Terkait masalah pembuangan sampah di median jalan, yang sampai saat ini masih menjadi sorotan, menjadi pekerjaan rumah bagi dirinya ke depan. Adapun langkah awal yang sudah dilakukan, yakni telah melakukan pendekatan dengan masyarakat dan memperbaiki sistem pengangkutan sampah dari motor roda tiga.

Kata dia, salah satu faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, karena adanya keterlambatan pengambilan dari petugas, serta masih terbatasnya armada pengangkut sampah. Untuk itu, dia berharap agar armada motor roda tiga itu bisa ditambah lagi. “Kami akan koordinasi lagi ke Dinas Lingkungan Hidup terkait penambahan armada ini,” imbuhnya.

Terkait potensi ini, ada beberapa lokasi di kelurahan Balai jariang yang sebenarnya bisa dimaksimalkan lagi. Diantaranya penambahan PAUD untuk anak usia kanak-kanak.

“Potensi ini bisa terus kita kembangkan. Asal ada komitmen bersama, termasuk dari pemerintah. Apalagi di wilayah itu sendiri. Jika wilayah tersebut bisa digarap dengan baik, tentu perlahan-lahan bisa merubah image dari wilayah itu sendiri,” tandasnya. (*)