Satpol PP Rohul Bersama Dengan Bawaslu Turunkan APK

Satpol PP Rohul  Bersama Dengan Bawaslu Turunkan APK

ROHUL (FORLETNEWS.COM) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Ahad (14/4/2019) menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang pada hari tenang jelang Pencoblosan. Dalam penertiban APK tersebut, Bawaslu bekerjasama dengan Satpol PP Rohul.

Dalam Kegiatan penertiban APK ini, KPU Rohul membentuk dua tim yang dikawal masing- masing dua Komisioner Bawaslu. Tim Satu yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir, menyisir APK yang masih terpasang di jalanan Protokol di daerah Kecamatan Rambah, Rambah hilir, Tambusai hingga Tambusai Utara.

Sementara tim dua dikomandoi Komisioner Bawaslu Alamsyah dengan rute penyisiran jalan protokol di Kecamatan Rambah Samo, Ujung Batu Tandun dan Kabun. Masing-masing tim dibantu Personel Satpol-PP Rohul yang turun dengan menggunakan mobil Dalmas.

Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir mengatakan, penertiban APK ini dilakukan untuk mensterilkan seluruh daerah Rokan Hulu dari APK. Setelah didata, seluruh APK yang diamankan Bawaslu bersama Satpol PP ini akan dibawa ke kantor Bawaslu Rohul untuk diamankan.

"Tujuannya agar memberikan ketenangan kepada masyarakat, dari hingar bingar kampanye peserta pemilu, sehingga pada saat hari pencoblosan mereka bisa tenang memilih sesuai dengan hati nurani dan tidak lagi terpengaruh karena keberadaan APK ini," cakap Fajrul Islami.

Dikatakan Fajrul, Penertiban APK seharusnya dilakukan sendiri oleh peserta pemilu. Meski banyak peserta yang menertibkan APK nya secara mandiri tetapi banyak pula yang belum sadar akan aturan dan membiarkan APK tetap terpasang.

"Kita apresiasi ada dengan sebagian partai yang sudah menyadari aturan dan dengan penuh kesadaran menertibkan sendiri ApK mereka. Tetapi banyak juga peserta yang belum sadar Sehingga terpaksa kita tertibkan," ujarnya.

Fajrul Islami menegaskan, penertiban APK Pemilu ini, akan terus dilakukan Bawaslu hingga tanggal 16 April 2019. Penertiban APK juga akan dilakukan oleh seluruh Panwascam di desa-desa di seluruh wilayah Kabupaten Rokan Hulu.

 

Sumber Berita : Cakaplah.com