Perwujudan APBD di Riau 2020 Rendah: Fisik 52,80 persen, Keuangan Rp.3,9 Triliun

Perwujudan APBD di Riau 2020 Rendah: Fisik 52,80 persen, Keuangan Rp.3,9 Triliun

PEKANBARU (FORLETNEWS.COM) - Triwulan III 2020, realisasi Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) Riau untuk keuangan baru mencapai 46,78 persen atau Rp3,9 triliun lebih. Sementara realisasi fisik 52,80 persen.

Hal itu diketahui saat rapat evaluasi penyerapan APBD Riau 2020 yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid.

Meski begitu, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya mengklaim capaian realisasi kegiatan fisik di APBD 2020 lumayan bagus karena sudah diatas 50 persen.

"Ini rapat evaluasi realisasi fisik keuangan. Ini biasa setiap bulan kita lakukan. Saya ingin liat seberapa besar realisasi fisik dan keuangannya. Sampai saat ini fisik kita cukup bagus, sekitar 50-an persen lebih (52,80 persen). Ini mau kita genjot supaya cepat," kata Yan Prana, Senin (5/10/2020).

Yan Prana menyatakan, realisasi APBD Riau diperkirakan pada akhir Oktober akan lebih jauh meningkat dibanding saat ini.

"Tadi dapat laporan terakhir dari Kepala Dinas PUPR, akhik Oktober ini realisasi bisa lebih meningkat. Walaupun realisasi fisik sudah 50 persen, tapi realisasi keuangan masih 27 persen. Ini sedang dalam proses, diperkirakan nanti akhir Oktober ini untuk keuangannya bisa sampai 40-50 persen," terangnya.

Apalagi menurutnya saat ini tidak ada lagi kendala terkait proses lelang. Jikapun ada hanya satu atau dua, dan diperkirakan pekan ini bisa tuntas proses lelangnya.

Selain APBD murni 2020, tambah Yan Prana, dalam kesempatan itu pihaknya juga membahas soal APBD perubahan 2020 yang sudah disahkan oleh DPRD Riau.

"Saya minta masing-masing kepala OPD untuk menyusun RKA, segera menunjuk apabila ada perubahan PPTK dan juga terkait bagaimana mereka menyusun prognosis sampai dengan Desember 2020. Sehingga kita tahu berapa anggaran yang mereka butuhkan dari anggaran yang tersedia," cakapnya.

 

sumber : cakaplah.com