Pembangunan Infrastruktur Jalan, Jembatan dan Pengairan Menjadi Fokus Bupati Suyatno

Pembangunan Infrastruktur Jalan, Jembatan dan Pengairan  Menjadi Fokus Bupati Suyatno

ROHIL (FORLETNEWS.COM)  -  Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangam (PUPR) kini sedang fokus dengan program pembangunan sarana dan prasaranan infrastruktur Jalan, Jembatan dan Pengairan dalam upaya mempermudah masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian. 

Adapun wilayah pembangunan jalan yang sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yaitu Sinaboi, Kubu, Kuba, dan Palika serta dikecamatan lainnya. Sebab daerah itu masih banyak masyarakat yang berada ekonomi lemah. Maka dari itu pemerintah sedang fokus melakukan pembangunan meskipun sudah beberapa kilometer jalan dibangun pada tahun sebelumnya.

Program pembangunan jalan, Jembatan dan Pengairan itu sendiri merupakan program kerja kepemimpinan Bupati Rokan Hilir H Suyatno dan Wakil Bupati Rokan Hilir Drs H Djamiludin selama lima tahun dan akan diwujudkan pada 2016 hingga 2021 mendatang.

Tentunya ini sesuai dengan Visi dan Misi "Terwujudnya Rohil Sebagai Kawasan Industri Guna Menuju Masyarakat Madani dan Mandiri yang Sejahtera". Visi pembangunan tersebut harus dapat diukur untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kesejahteraan.

Salah satu upaya pemerintah dalam menunjang kesejehteraan masyarakat yakni Pembangunan jalan Lintas Bagansiapiapi-Ujung tanjung saat ini sedang dalam proses pengerjaan. Proyek hasil dari jerih payah Bupati Suyatno melobi pemerintah pusat itu telah dikerjakan oleh PT Riau Sepadan dengan Anggaran 85 Milyar.

Belum lama ini ia meninjau proses pengerjaan jalan tersebut dengan didampingi Kepala Bappeda H.M.Job Kurniawan, AP.M.Si dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Hermanto,S.sos. disela-sela peninjauan, Bupati Suyatno mengatakan ia telah berkomunikasi dengan petugas lapangan konsultan, termasuk pengawas bahwa ada dua perusahaan yang bekerja ruas jalan Ujung Tanjung-Bagansiapiapi.

Pertama, jalan tersebut dikerjakan dari bundaran Pedamaran mengarah ke luar itu nanti sampai titiknya di Tanah Merah. Yang kedua, dari Simpang Tugu Ayam sampai ke Simpang Poros menuju ke dalam, itu perusahaan yang lain pula. Jadi, ruas jalan Ujung Tanjung-Bagansiapiapi itu ada dua perusahaan yang bekerja, sudah sekian hari mereka melakukan pekerjaan, Terangnya. Orang nomor satu dinegeri seribu kubah itu merasa sangat bersyukur dan berterima kasih karena pengerjaan jalan tersebut melalui APBN 2019. Jalan lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi nantinya kata Suyatno itu tidak ada lagi yang berlubang.

engerjaannya sekitar empat bulan selesai. Hasil pembicaraan saya dengan pengawas maupun konsultan target mereka seperti itu. Tapi limit-nya itu kan akhir Desember, mudah-mudahan sebelum Desember itu pekerjaan sudah selesai semua, Hrapannya.

Tidak hanya itu, Bupati yang terkenal ramah dan mudah senyum itu belum lama ini juga meninjau pembangunan lainnya diantara pembangunan Jembatan, Sanitasi dan pengairan air bersih dikecamatan sinaboi. Pada peninjauan itu ia didampingi kepala dinas perumahan dan kawasan pemukiman (Perkim) Zulfahmi,ST,MT dam disambut camat setempat.

Pada kesempatan itu Bupati menyebutkan ada beberapa titik pembangunan yang harus diperbaiki. Diantaranya jalan masyarakat yang sudah banyak berlubang dan sangat membahayakan untuk dilalui. "Begitu juga jembatan kayu yang sudah lapuk dimakan usia, akan kita buat beton. Ini harus segera diperbaiki agar jalan masyarakat ini kembali normal," Ucapnya. 

Selain itu, pembangunan jalan di Kepenghuluan Darus Salam, Kecamatan Sinaboi, telah dikoordinasikan dengan Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Riau agar segera melakukan perbaikan. Bupati Suyatno juga meminta seluruh jajarannya, baik dinas PRKP dan PUTR, Camat dan Datuk Penghulu untuk bekerja maksimal melaksanakan pembangunan. Begitu juga masyarakat Sinaboi agar terus kompak, bersatu dan mendukung pembangunan. (ADV)