Pelantikan Wakil Ketua DPRD Riau dan Dua PAW DPRD Riau Sudah Dijadwalkan

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU, RIAUBERTUAH.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau sudah menjadwalkan pelantikan Syafaruddin Poti menjadi Wakil Ketua DPRD Riau. Pelantikan juga dilakukan dua orang Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Riau, Senin (15/2/2021) di ruang rapat paripurna DPRD Riau.

Dua anggota PAW DPRD Riau yang akan dilantik yakni Misliadi dari Fraksi PKB menggantikan Muhammad Adil yang mundur karena maju menjadi calon Bupati Meranti tahun 2020 dan Piter H Marpaung dari PDIP menggantikan Zukri yang maju menjadi calon Bupati Pelalawan tahun 2020.

Al hasil, setelah pelantikan Senin pekan depan formasi pimpinan dewan kembali lengkap menjadi empat orang dengan Ketua DPRD Riau Yulisman (Golkar) dan tiga Wakil Ketua DPRD Riau yakni Hardianto (Gerindra), Agung Nugroho (Demokrat) dan Syafruddin Poti (PDIP). Begitu juga jumlah anggota DPRD Riau kembali lengkap menjadi 65 anggota dewan. Setelah sebelumnya ditinggal lima anggota dewan yang mengundurkan diri karena maju dalam pilkada serentak 2020 lalu.

Sekretaris DPRD Riau, Muflihun menjelaskan, pelantikan Syafaruddin Poti menjadi Wakil Ketua DPRD Riau dan dua PAW dewan Misliadi dan Piter H Marpaung sudah diagendakan banmus DPRD Riau dijadwalkan, Senin (15/2/2021) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau.

“Senin pekan depan pelantikan pak Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau dan pelantikan dua PAW dewan, ” terang Muflihun, Kamis (11/2/2021).

Muflihun yang akrab disapa Uun ini menjelaskan, setelah pelantikan Senin pekan depan formasi pimpinan dewan kembali lengkap menjadi empat orang dengan Ketua DPRD Riau Yulisman (Golkar) dan tiga Wakil Ketua DPRD Riau yakni Hardianto (Gerindra), Agung Nugroho (Demokrat) dan Syafruddin Poti (PDIP).

“Iya (formasi pimpinan dewan lengkap, red), ” tegas Uun.

Sebagai informasi, pilkada serentak 2020 lalu lima anggota DPRD Riau mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi Pasangan Calon Pilkada 2020. Mereka yakni Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet menjadi calon Bupati Bengkalis, Asri Auzar menjadi calon Bupati Rohil, Zukri menjadi calon Bupati Pelalawan, Komperensi menjadi calon Wakil Bupati Kuansing dan Muhammad Adil menjadi calon Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.

Posisi Ketua DPRD Riau dari Golkar dijabat Yulisman yang sebelumnya dijabat Indra Gunawan Eet, Wakil Ketua dari Demokrat dijabat Agung Nugroho yang ditinggal Asri Auzar dan Wakil Ketua DPRD Riau dari PDIP akan dijabat Syafaruddin Poti yang ditinggal Zukri Misran. Sebelumnya pimpinan sempat hanya ada satu Hardianto dari Gerindra yang sampai sekarang masih tetap menjabat Wakil Ketua DPRD Riau**