LIPSUS DINAS PENDIDIKAN

Pawai Alegoris Hut RI Ke 74 Tahun 2019 di Kota Payakumbuh Meriah

Pawai Alegoris Hut RI Ke 74 Tahun 2019 di Kota Payakumbuh Meriah

PAYAKUMBUH,(Lipsus Dinas Pendidikan) --- Peringatan HUT RI ke 74 di kota Payakumbuh tidak hanya di peringati dengan Upacara bendera. Pawai alegoris juga ikut memriahkan hari proklamasi bangsa ini.Acara ini di gelar dengan start di Kubu Gadang dan finis pusat kota.

Sebanyak 126 barisan peserta Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh yang terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA memeriahkan HUT RI yang ke-74 di Pusat Kota Payakumbuh, Senin (19/8).

Terlebih dahulu, Asisten 1 Yoherman, Kapolres diwakili kabag Ops Basrial, dan Kepala Dinas Pendidikan Agustion melepas peserta Pawai Alegoris di Lapangan Paduan Kuda Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Timur.

1566290098-Forletnews-WhatsApp Image 2019-08-19 at 15 41 19

(Asisten 1 Yoherman, Kapolres diwakili kabag Ops Basrial, dan Kepala Dinas Pendidikan Agustion melepas peserta Pawai)

Pagi hingga petang, pusat kota Payakumbuh dibanjiri puluhan ribu warga kota dan daerah sekitar. Pasalnya pawai alegoris meriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun ini, pawai yang berlangsung sejak pagi hingga petang dan disaat waktu shalat fardhu tiba, panpel menghentikan kegiatan untuk sementara. Teriknya matahari yang menyengat tak menyurutkan semangat serta antusias warga dan peserta pawai.

Sejak pukul 09.00 pagi, ratusan murid SD, SMP sampai SMA/SMK, sudah tampil beriringan dari GOR M. Yamin menuju ruas Jalan A. Yani menuju ruas Jalan Sudirman dan Simpang Benteng Payakumbuh. Rombongan peserta yang berjalan beringsut didampingi guru dan orang tua bersemangat menuju panggung utama yang berada di depan Kantor POS di pusat kota.

1566292237-Forletnews-WhatsApp Image 2019-08-20 at 07 25 41

Kepala Dinas Pendidikan Drs. AH Agustion mengatakan Paskibraka Kota Payakumbuh berada di barisan depan memimpin pawai, dilanjutkan dengan barisan Drumband SD dengan nomor urut yang telah diundi sebelumnya, dan dibelakangnya ada rombongan SMP dan SMA.

1566290456-Forletnews-2-2

(Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Drs. AH Agustion)

"Barisan itu dibagi menjadi Barisan Bhineka Tunggal Ika, Barisan Pejuang Kemerdekaan, Barisan Masa Perang Kemerdekaan, Barisan Masa Kembali Ke Negara Kesatuan RI, Masa Pemerintahan Soeharto, dan Barisan Masa Reformasi," terang Agustion.

1566291028-Forletnews-Image 3

Sementara itu dipanggung kehormatan sudah menunggu Wakil Walikota Erwin Yunaz ,diwakili Kepala BPDB Yufnani Away bersama Kepala Kesbangpol Budi Permana, Danramil 01/Pyk Joni Forta, Kapolres diwakili Kapolsek AKP Julianson, Kabag Protokoler Doni Prayuda, Kabag Kesra Ul Fakhri, Kabid PAUDNI Iswanto, Kabid Dishub Hidayatur Rusyda, Camat Nurdal, dan Camat L. Kefrinasdi serta jajaran ASN Pemko, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Kegiatan tersebut diapresiasi Wawako Erwin Yunaz serta anggota Forkopimda, keduanya memberikan apresiasi, bahwa iven yang digelar Dinas Pendidikan itu, sangat luar biasa.

1566290523-Forletnews-WhatsApp Image 2019-08-20 at 07 25 23

“Iven ini mampu menghibur ratusan ribu masyarakat kota Payakumbuh dan daerah tetangga. Dan kedepan iven ini bisa berjalan lebih baik lagi dan dikemas lebih profesional.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini sangat meriah. Para pelajar yang terlibat sangat luar biasa, mereka bersemangat tanpa terlihat raut wajah letih dan haus.

1566290810-Forletnews-Image 2

Kemudian Wawako Erwin Yunaz yang diwakili oleh Kepala BPDB Yufnani Away mengajak para pelajar untuk lebih semangat lagi belajar sebagaimana semangat juang yang dimiliki para pahlawan bangsa.

“Mari, melalui pawai ini kita kenang kembali jasa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan ini dengan pengorbanan. Kita isi kemerdekaan tersebut dengan semangat membangun bangsa ini dengan belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya ", pungkasnya.

Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh kali ini terasa unik, dalam beberapa penampilan peserta pawai, ciri khas Tenun Balai Panjang muncul dan menjadi sorotan, dimana tenun kebanggaan Kota Randang itu dipakai oleh siswa untuk pakaian drumband, pakaian adat, serta pakaian pahlawanya.

1566290669-Forletnews-Image 1

(Pertunjukan parade Drum Band Dari Siswa/Siswi SMPN 03 Payakumbuh)

(#LIPSUSDINASPENDIDIKANKOTAPAYAKUMBUH#)