Marwan Yohanis: Letakkan Sesuatu Pada Tempatnya, Berikan Sesuatu Pada Ahlinya

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU (RIAUBERTUAH.CO.ID) - Anggota DPRD Riau, Marwan Yohanis turut angkat bicara terkait total 39 persen saham yang bisa diperebutkan Riau dalam berpartisilasi di pengelolaan Blok Rokan.

Dimana dari total 100 persen, Pertamina akan memegang saham sebesar 51 persen, ditambah 10 persen dari PI, dan 39 persen yang diberikan kesempatan bagi pihak yang berkompeten dengan skema B to B.

"Pertama kita bangga, bahagia karena sekian persen Blok Rokan bisa dikelola Riau. Nah, jangan sampai pengelolaan ini jadi musibah bagi masyarakat kita. Kita harus kompak dan bersama, jangan hanya ingin bersama memperjuangkan, nantinya malah jadi mendatangkan mudarat bukan manfaat," kata Marwan.

"Saya terus terang bangga semua pihak berkontribusi, hanya saja, kita harus selalu letakkan sesuatu pada tempatnya, dan berikan sesuatu pada ahlinya. Insya Allah akan mampu memberikan kesejahteraan untuk masyarakat yang diperjuangkan," katanya lagi.

Jika memang LAM melalui badan usaha milik adat (BUMA) yang saat ini terlihat serius ingin berpartisipasi, kata Marwan tentu ia berharap Buma tersebut memenuhi kriteria.

"Kita berharap Buma itu sudah lama terbentuk, ada orang ahli di dalamnya, dan memenuhi persyaratan, baik secara hukum, secara bisnis, maupun secara teknis. Kalau tidak didukung oleh beberapa poin tersebut, berapapun yang dikelola nanti tidak dikelola secara profesional, nanti malah membawa hal tak baik," cakapnya lagi.

Politisi Gerindra asal Kuansing ini lebih lanjut mengatakan, pihak manapun yang nantinya diberikan kesempatan pada 39 persen saham tersebut, harus terbuka, karena Blok Rokan adalah milik publik.

"Kalau diikatakan sudah sekian tahun, hampir 100 tahun kita menunggu, setelah didapatkan, jangan pula membawa dampak tak baik. Harus menambah nilai. Jangan nantinya dengan ketidakprofesionalan malah jadi alasan pusat untuk mengambil lagi," jelasnya.

"Kalau badan yang mengelola Blok Rokan sudah sesuai dengan ketentuan dan dengan persyararan yang memadai, saya berharap semoga bisa membawa manfaat baik. Jadi, mari kita bekerja kerja sesuai keahlian kita," tukasnya.

 

(SUMBER: CAKAPLAH.COM)