Kadiskes Riau Minta Travel Haji dan Umroh Terapkan Displin Prokes COVID-19

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengharapkan agar seluruh Travel Haji dan Umroh di Provinsi Riau mempersiapkan jamaahnya, untuk menerapkan protokol kesehatan, sehingga tetap sehat dan terhindar dari penularan COVID-19.

Harapan tersebut disampaikan saat memberi sambutan pada saat kegiatan koordinasi dan sinergitas pelaksanaan kekarantinaan kesehatan bagi calon jamaah haji dan umroh, pada masa pandemi COVID-19, digelar di Pekanbaru, Rabu (24/11/2021).

"Kita harapkan dalam hal ini untuk tetap disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Mimi Yuliani Nazir.

Mimi mengingatkan, bagi calon jamaah haji dan umroh, agar selalu disiplin protokol kesehatan meskipun telah diberikan kelonggaran untuk beribadah ke tanah Suci ke Arab Saudi.

"Jangan sampai nanti setelah 'kran' dibuka COVID-19 meningkat," tegasnya.

Ia juga meminta penyelenggaraan haji dan umroh yang ada di Provinsi Riau, mempersiapkan perjalan jamaahnya dengan baik. Satu di antara upayanya adalah dengan cara mesosialisasikan dan memberi edukasi kepada para jamaah. 

"Edukasi dan sosialisasi ini diberikan kepada jamaahnya sebelum berangkat ke tanah suci, agar para jamaah memahami dan memaklumi situasi di Arab Saudi," ujarnya.

"Untuk itu kita butuh peran teman-teman kita tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas - Puskesmas, tenaga kesehatan di kabupaten dan kota, dan seluruh stakeholder yang tentunya memiliki peranan. Dalam hal ini agar masyarakat kita tetap sehat dan terhidar dari penularan COVID-19," pungkasnya.

(MC)