Jaga Ketahanan Pangan di Tengah Wabah Covid 19, Kapolres Rohil Panen Jagung

Jaga Ketahanan Pangan di Tengah Wabah Covid 19, Kapolres Rohil Panen Jagung

RIAU - Pemerintah Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hilir mengaktifkan kembali swasembada pangan untuk mengantisipasi krisis pangan selama Covid 19. Pandemi yang berkepanjangan dikhawatirkan akan mengancam ketahanan pangan.

Keberhasilan kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir dalam berswasembada pangan sudah tampak saat Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto beserta jajaran anggota Polsek Bagan Sinembah melakukan panen raya jagung perdana di lahan ketahanan pangan program Jaga Kampung.

Panen raya jagung perdana ketahanan pangan yang dikelola kelompok tani Sastra Parahita Bhayangkara tersebut terletak di Dusun Palm Agung, Kepenghuluan Balam Sempurna, Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di PT Salim Ivomas Pratama.

"Alhamdulillah hasil panen Jagung ini cukup lumayan banyak lebih kurang 5 Ton dan hasilnya dibagikan kepada para anggota kelompok tani," kata Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto, S.Ik, Senin (26/10/2020).

Kapolres mengungkapkan, dimasa pandemi Covid-19 tidak hanya membawa dampak kesehatan namun juga berdampak pada sektor perekonomian dan permasalahan sosial lainnya.Salah satu dampak adalah menurunnya produktivitas pangan yang dapat mempengaruhi kondisi masyarakat secara umum ditingkat desa yang ada di Kecamatan Balai Jaya.

Menurutnya, melalui program jaga kampung dibawah binaan Bhabinkamtibmas, Bripka RR Marbun, pihaknya telah berhasil menjalankan program ketahanan pangan mulai dari bercocok tanam, ternak sapi dan budidaya ikan.

"Hari ini kita lakukan panen raya hasil dari lahan ketahanan pangan warga. Semoga hasil penen tersebut dapat memberikan manfaat dan nilai tambahan ekonomi bagi warga," ungkap Nurhadi.

Dia menambahkan, masyarakat harus menyiapkan ketersediaan bahan pangan dikemudian hari dengan memberdayakan, memelihara dan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada dikampungnya masing-masing. Hal itu bertujuan agar program jaga kampung tersebut bisa memacu semangat masyarakat dalam menggalakkan program ketahanan pangan.

"Apresiasi juga kepada PT Salim Ivomas Pratama yang telah mendukung program ketahanan pangan sehingga masyarakat memperoleh hasil panen yang memuaskan," pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga turut dihadiri Camat Balai Jaya Samsuhir S.Pd, Bhabinkamtibmas Bripka RR Marbun, Manager Area II PT Salim Ivomas Pratama serta kelompok tani Sastra Parahita Bhayangkara, Kapolsek Bagan Sinembah AKP Indra Lukman Prabowo SH SIK menyampaikan panen raya jagung ini dilakukan di lahan ketahanan pangan program jaga kampung yang dicanangkan oleh Kabaharkam Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto SH SIK beberapa waktu lalu. (Amr)