Bupati Kuansing Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong

Bupati Kuansing Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong

KUANSING (FORLETNEWS.COM) - Dalam rangka mempertahankan budaya gotong royong di segala aspek kehidupan dan penghidupan di desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) menyelenggarakan kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Rotong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Kuansing ke XV yang di selenggarakan di Desa Saik, Kecamatan Kuantan Mudik, Selasa (27/11/2018).

Pencanangan BBGRM ini dilakukan oleh Bupati Kuansing Drs H Mursini, M.Si. Acara ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kuansing Sardiyono, A.Md, Plt Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs Napisman, pejabat eselon II, Kabag Humas dan Protokoler Ridwan Amir,  S.Sos, Kabag umum Drs Muradi, M.Si, Camat Kuantan Mudik Jefrian, S.Sos, Upika Kecamatan Kuantan Mudik, Camat Pucuk Rantau Herman Susilo,.S.Sos, Camat Hulu Kuantan Hamiyudin, S.Sos, kepala desa dan masyarakat Desa Saik.

Bupati Mursini mengungkapkan  bahwa kegiatan BBGRM ini sangat penting dilakukan dalam rangka untuk mempertahankan dan mengembangkan budaya gotong royong di Kabupaten Kuansing.

Tujuan pemerintah daerah menyelenggarakan kegiatan ini kata Mursini adalah mendorong pemerintah desa atau kelurahan untuk meningkatkan gerakan gotong royong yang ekonomis dalam mengembangkan potensi masyarakat. Kemudian tujuan lainnya agar tercipta sinergi antara pemerintah daerah dan desa/kelurahan dalam meningkatkan budaya gotong royong di tengah masyarakat.

"Semangat gotong royong harus selalu ditanamkan dan ditumbuh kembangkan sebagai bentuk solidaritas sosial di tengah-tengah masyarakat," ungkap Mursini.

Bersempena kegiatan BBGRM ini sekaligus diselenggarakan kegiatan serahterima rumah layak huni oleh Bupati Mursini kepada masyarakat di Desa Saik. Pembangunan rumah layak huni yang merupakan program kegiatan Kementerian PU ini pada tahun 2018 untuk Kabupaten Kuansing ada 215 unit yang tersebar di dua kecamatan. Yaitu Kecamatan Kuantan Mudik dan Gunung Toar.

Satuan Kerja Penyedia Perumahan Provinsi Riau Indra M Sutan, MM menjelaskan, dari dua kecamatan yang memperoleh bantuan rumah layak huni tersebut 6 desa berada di Kecamatan Gunung Toar dan 4 desa di Kecamatan Kuantan Mudik

"Kami sangat bangga dengan progres kegiatan di Kabupaten Kuansing. Bahkan pihak Kementerian PU sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada pak Bupati Kuansing Mursini yang memberikan memberikan dukungan penuh untuk terselenggaranya kegiatan ini," ungkap Indra M Sutan.

Lebih jauh dikatakan Indra M Sutan bahwa bantuan yang diberikan pemerintah untuk pembangunan rumah layak huni ini hanya bersifat stimulan dengan besaran Rp 15 juta per unit rumah. Dan lebih diutamakan swadaya masyarakat.

"Karenanya kita jangan heran melihat rumah layak huni setelah siap dibangun kalau ditaksir biaya lebih dari Rp 15 juta. Karena selebihnya adalah swadaya masyarakat," terang Indra. Karenanya lanjutnya pihaknya akan mengupayakan tahun 2019 mendatang jumlah unit rumah yang akan dibangun di Kuansing akan ditingkatkan mencapai perkiraan 300 unit.

Sementara itu Camat Kuantan Mudik Jefrian menambahkan pada tahun 2018 ini ada 4 Desa yang mendapatkan bantuan rumah layak huni. Dimana setiap desanya memperoleh bantuan 4 unit rumah layak huni.