Berikut Nama Gelar Adat Yang Akan di Berikan LAM Kepada Syamsuar dan Edy Natar

Berikut Nama Gelar Adat Yang Akan di Berikan LAM Kepada Syamsuar dan Edy Natar

PEKANBARU (FORLETNEWS.COM)  – Gubernur Riau dan Wakil Gubenur Riau, Syamsuar-Edy Natar akan ditabalkan gelar adat oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Sabtu, 6 Juli 2019. Prosesi adat ini akan dilaksanakan di Balai Adat Melayu, Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Syamsuar akan dapat gelar Datuk Sri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau. Sedangkan Edy Natar, akan diberikan gelar Datuk Sri Timbalan Setia Amanah Masyakat Adat Melayu Riau.

Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Yoserizal mengatakan pemberian gelar adat tersebut sudah melalui pertimbangan dan proses yang cukup panjang. Namun, gelar yang diberikan kepada Syamsuar-Edy sifatnya melekat pada jabatan. Artinya gelar itu dengan sendirinya akan lebas setelah keduanya tak lagi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Gubenur Riau, Syamsuar sudah menyatakan kesiapannya untuk menerima gelar adat itu. Dia juga sudah mengutarakan janji untuk menjunjung gelar adat yang diberikan kepadanya. “Insya Allah, kami siap,” ucapnya. Pinangan LAM kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk menerima gelar adat ini sebenarnya sudah lama dilakukan, namun baru terlaksana sekarang.

Ketua Harian MKA LAM Riau, Datuk Al Azhar menjelaskan, gelar adat yang diberikan kepada Syamsuar dan Edy Natar merupakan gelar sama yang juga telah disematkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau sebelumnya. Tradisi memberi gelar kepada pemimpin sudah lama ada dan sejak dulu sudah dilaksanakan.

 

Sumber berita : Bertuahpos.com

SyamsuarEdy Natar