‘Batanak’ Program Unggulan SMA RJ Kota Payakumbuh

‘Batanak’ Program Unggulan SMA RJ Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH,(Forletnews.com)--Guru Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah (YPI RJ) raih lagi prestasi. Setelah Hardi Setiawan guru SMA RJmenjadi perwakilan Indonesia ke Tiongkok. Kali ini, 2 tenaga pendidik SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah (SMA IBS RJ) Rezi Ade Ridwan (kepala sekolah) dan Yani Pinta (guru terbaik) di tingkat kota Payakumbuh tahun 2019 dan maju di tingkat Sumbar yang akan berlangsung Juni mendatang.

Rezi Ade Irawan dan Yani diharapkan mampu menggoreskan sejarah yang indah untuk hidup dan sekolahnya. Saat diwawancarai di ruangannya SMA RJ Sabtu (11/05), Rezi mengatakan, dia akan berusaha sememaksimal mungkin kesempatan yang langka ini dengan memberikan yang terbaik dalam perlombaan tingkat provinsi tersebut.

Rezi yang baru 2 tahun menjadi kepala sekolah di SMA RJ tersebut, mengatakan, predikat kepala sekolah berprestasi terbaik yang disematkan kepadanya bukan semata-mata hasil perjuangannya melainkan kerjasama yang tak henti-hentinya dari seluruh civitas akademika dan stake holder YPI RJ.

Sedangkan Yani Pinta sama sekali tak terlalu menghiraukan hasil. “Yang penting kita berusaha melakukan yang terbaik dan Alhamdulillah diberikan Allah kesempatan untuk berkarya lebih, menjadi guru berprestasi tingkat kota Payakumbuh yang kedua baginya. Sebelumnya, pada 2017 berhasil menjadi terbaik di Kota Payakumbuh dan finalis tingkat Nasional. Semoga saja saya mampu mengulang kesuksesan 2 tahun silam,”ungkapnya.

Ketua pengurus YPI RJ, Ultra dihubungi terpisah mengakui prestasi bagi keduanya. Ia mengucapkan selamat kepada Rezi dan Yani, semoga mampu memberikan yang terbaik dan menjadi teladan bagi siswa dan guru YPI RJ lainnya. Dikatakan, Rezi mempunyai jiwa leader yang luar biasa. Hanya dalam kurun 2 tahun telah banyak memberikan perubahan yang signifikan untuk SMA IBS RJ.

“Saya melihat SMA IBS RJ sedang berada dipuncak-puncaknya prestasi. Mulai dari guru dan siswa yang dalam 2 tahun terakhir ini mendapatkan banyak prestasi, SMA swasta se kota Payakumbuh yang paling banyak meloloskan siswanya di PTN (Perguruan Tinggi Negri) melalui jalur SNMPTN. Belum lagi dari segi program yang semakin hari semakin matang,”sebut Ultra.

Dikatakan, metode pembelajaran SCL (Student Center Learning) sudah berjalan dengan sangat baik. Terlihat bagaimana Rezi dan kawan-kawan mengemas metode pembelajaran SCL dengan begitu soft. Mereka menamakan program ‘Batanak’ (mengembangkan bakat anak) dimana fokus pembelajaran itu dipusatkan kepada anak.

Ada 9 program unggulan Batanak yakni, Entrepreneur, Robotic, Tahfizh, Literasi, Animasi dan Desain Grafis, English Club, Arab Club, Olahraga dan kerawitan. Keseluruhan program ini akan menjadi soft skill bagi seluruh siswa dan siswi SMA IBS RJ. Program Batanak ini menjadi penunjang yang optimal untuk melahirkan Insan yang Islami, Inovatif, kreatif dan tak tertinggal oleh zaman.

Sekaitan dengan Yani, Ultra menyampaikan, beliau salah satu guru terbaik yang dimiliki SMA IBS RJ. “Saat mendengar dia ikut, saya optimis beliau akan menorehkan prestasi. Rasa optimis Ultra beralasan, selain pintar mengajar, Yani adalah guru yang inovatif dan mampumelahirkan inovasi Kemo Entrepreneur. Sebuah metode pembelajaran yang mempadukan antara ilmu kimia dan usaha, yang telah diterbitkan melalui buku Kemo Entrepreneur.

Menakar Peluang

Dalam kesempatan itu, Yani kembali menyebutkan, peluang itu diciptakan bukan ditakar. “Saya akan berusaha semampu untuk berbuat yang terbaik untuk sekolah dan kota Payakumbuh. Saat perlombaan kemarin base practis saya terkait kuartet chemistry. Ini adalah bagian inovasi pembelajaran saya akan mengembangkan dan menyederhankannya semoga menjadi sesuatu yang baru bagi dunia pendidikan kimia,”tukuknya.

Sementara itu, peluang Rezi diharapkan terbuka lebar, lagipula dia mengangkat base practise tentang program Batanak. Ini adalah kearifan lokal SMA IBS RJ, yang sekolah manapun belum ada melaksanakan program seperti ini, sebagai inovasi.

“Saya akan mengambil program Batanak ini dari perspektif optimalisasi siswa. Sebab Batanak ini mempunyai banyak kegunaan, selain melahirkan talenta siswa yang terpendam bahkan program Batanak mampu mengangkat motivasi siswa dalam pembelajaran akademik, terbukti pada tahun 2019 tiga siswa/i SMA IBS RJ mendapatkan hasil yang sempurna pada Ujian Nasional, Dengan nilai 100,”ujar Rezi menambahkan.