Setelah Tiga Dinas Tutup Akibat Pegawainya Terpapar Covid 19, Akhirnya Disdukcapil Rohil Batasi Pelayanan

 Setelah Tiga Dinas Tutup Akibat Pegawainya Terpapar Covid 19, Akhirnya Disdukcapil Rohil Batasi Pelayanan

RIAU - Setelah tiga kantor tutup yakni dinas Koperasi dan UKM, PUTR dan Dinas Tenaga Kerja, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir selama pandemi Covid-19 akan membatasi jam pelayanan. Hal ini dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran dan penularan virus Corona.

"Kita telah membuat himbauan kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) saat mengurus berbagai dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil," kata Kadisdukcapil Rohil, Basaruddin SH, Selasa (26/10) diruang kerjanya.

Basaruddin menyampaikan kalau baru-baru ini wabah Covid-19 terus terjadi peningkatan. Namun demikian, pelayanan kepada masyarakat khususnya di Disdukcapil tetap berjalan seperti biasanya. Hanya saja terjadi kendala beberapa waktu lalu karena alat perekam terbakar.

"Pelayanan tetap jalan, namun jam masuk petugas kita tidak full dan dibatasi. Misalnya petugas ada empat orang, dua orang bertugas pagi dan duanya lagi bertugas siang agar tidak terjadinya kerumunan," ucapnya.

Ia mengatakan kalau pihaknya juga telah lama menyiapkan perlengkapan alat protokol kesehatan bagi masyarakat yang berkunjung ke Disdukcapil Rohil.

"Bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan seperti KK, KTP, KIA, dan dokumen kependudukan lainnya silahkan terdahulu cuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan senantiasa menjaga jarak," imbaunya.

Basaruddin menyebutkan, saat ini masyarakat setiap harinya yang berkunjung untuk mengurus dokumen kependudukan tidak kurang dari 300 orang. Maka harus disiasati bagaimana tidak terjadi kerumunan orang. (Amr)