Belum Populer, 10 Destinasi Wisata Ini Sedang Di Gilai Pecinta Travelling

Foto : Ilustrasi.

LIFESTYLE (Forletnews.com) - Para pecinta travelling Indonesia tidak hanya menggilai destinasi wisata yang populer, kini wisata yang belum populerpun menjadi tempat destinasi yang sedang digilai. Tujuan wisata ini memiliki pemandangan luar biasa dan pilihan aktivitas beragam yang mungkin belum banyak dikunjungi.

Agoda, platform reservasi akomodasi online bertaraf internasional telah melakukan survei terhadap para traveller Indonesia dan berhasil mengumpulkan daftar objek wisata domestik yang sedang dan akan naik daun di kalangan wisatawan lokal.

Pilihan destinasi ini berasal dari perbandingan data tahun 2015 dan 2016 tentang pertumbuhan destinasi domestik di kalangan traveller Indonesia. Berdasarkan data tersebut, 6 dari 10 pilihan destinasi ini merupakan destinasi yang dekat dengan alam dan taman nasional.

1. Karawang

Foto : Curug Bandung Karawang.

Tak cuma Bandung, Jawa Barat juga punya Karawang yang ternyata punya banyak potensi wisata. Karawang memiliki sejumlah tirta wisata yang cukup populer di kalangan pecinta pelesir. Antara lain Pantai Samudera Baru, Pantai Tanjung Pakis, Curug Bandung, Curug Cigentis, Situ Cibayat, Danau Cipule, dan kembarannya Green Canyon Pangandaran.

2. Labuan Bajo

Foto : Lubuan Bajo.

Berlokasi tepat di samping Taman Nasional Komodo yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, Labuan Bajo terkenal karena pantainya yang indah. Airnya biru cemerlang dan pantainya bebas sampah. Tak heran jika tempat ini seriung dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk film.

Labuan Bajo merupakan lokasi yang tepat untuk menjelajahi biodiversitas alam yang beragam. Mulai dari pulau vulkanisnya yang terkenal, berfoto di pinggir pantai, dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

3. Sukabumi

Foto : Situ Gunung.

Sukabumi mulai dilirik sebagai tempat berlibur karena masih relatif sepi. Belum terlalu banyak polusi.

Kalau selama ini tempat wisata di Sukabumi yang terkenal hanya Sungai Citarik, sekarang ada banyak objek wisata menarik yang bisa ditawarkan Sukabumi. Antara lain Pantai Cimaja yang berombak besar. Pantai ini cocok untuk mereka yang ingin berselancar.

Jika ingin menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus melihat konservasi penyu, Pantai Ujung Genteng tempatnya. Ada pula Situ Gunung yang jadi lokasi favorit para fotografer.

Sementara bagi mereka yang ingin mempelajari kearifan lokal bisa mampir ke Kampung Ciptagelar. Desa ini masih benar-benar terasa unsur tradisionalnya. Pasalnya warga memang menjaga adat istiadat yang sudah berusia ratusan tahun.

4. Samosir

Foto : Bukit Beta.

Samosir adalah pulau yang terbentuk di tengah Danau Toba di pulau Sumatra. Nikmati pemandangan air yang tenang di Danau Toba, bermain di padang rumput yang hijau, atau cukup bersantai dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tetapi Samosir juga tak hanya mengandalkan pariwisata dari Danau Toba. Di sana juga ada Bukit Beta yang bisa digunakan untuk olahraga paralayang. Batu Marhosa yang ada di Aek Parogan bakal bikin wisatawan melongo. Pasalnya, batu ini bisa mengembuskan napas. Jika ingin melihat fenomena unik danau di atas danau, silakan mampir ke Aek Natonang yang berada di atas Danau Toba.

5. Cikarang

Foto : Waterboom Lippo Cikarang.

Cikarang mungkin lebih terkenal sebagai kawasan industri. Tetapi daerah yang menjadi bagian dari Bekasi ini juga memiliki berbagai tempat hiburan yang cukup menarik. Tak hanya mall dan pusat grosir, Cikarang juga punya beberapa waterpark untuk liburan bersama keluarga, antara lain Waterboom Lippo Cikarang dan Matador Family Waterpark.

Taman Buaya Indonesia Jaya atau lebih dikenal dengan nama Taman Buaya Cikarang bisa menjadi pilihan destinasi liburan yang edukatif bagi anak-anak. Di sini ada ratusan ekor buaya dari berbagai spesies serta binatang lainnya. Jika ingin belajar tentang tanaman, bisa mampir ke Kampoeng Djamoe Organik-Martha Tilaar. Letaknya tak jauh dari Waterboom Lippo Cikarang.
6. Tegal

Foto : Bukit Gowa Lawa.

Kota di wilayah pantai utara ini tak cuma memiliki dialek yang unik. Banyak objek wisata indah dan eksotis yang layak dikunjungi. Ada Bukit Goa Kelelawar atau dikenal juga dengan nama Bukit Batu Agung yang Instagrammable. Batu raksasa yang dikelilingi pemandangan hijau ini terletak di tiga desa sekaligus, yaitu Harjawinangun, Bukateja, dan Balapulang.

Danau Beko yang aslinya adalah cekungan bekas tambang batu kapur tengah naik daun karena pemandangannya yang eksotis. Jika ingin bermain-main di tirta wisata, ada Curug Pitu dan Pemandian Air Panas Guci. Ada juga Curug Putri Tegal yang tebingnya terlihat unik, terbentuk dari kolom-kolom basal seperti di Svartifoss, Islandia.

7. Manado

Foto : Danau Tandano.

Rumah dari situs pemakaman prasejarah yang misterius namun menarik, gunung vulkanik aktif dan sumber air panas, dataran tinggi Danau Tondano di Manado menawarkan pemandangan gunung hijau yang rimbun, perkebunan kopi dan kelapa, kebun anggrek dan lereng bukit bertingkat.

8. Bandar Lampung

Foto : Taman Wisata Alam Wawai.

Lampung memang surganya pariwisata. Selama ini yang lebih dikenal adalah Taman Nasional Way Kambas, Gunung Krakatau, dan Danau Ranau. Tetapi Bandar Lampung, ibukotanya juga memiliki banyak tempat indah yang belum dikenal oleh wisatawan dari daerah lain.

Ada taman kupu-kupu Gita Persada yang menjadi tempat budidaya lebih dari 100 spesies kupu-kupu Sumatera.

Taman Wisata Alam Wawai bisa menjadi tempat berkemah yang menenangkan, dengan pemandangan Teluk Lampung menghampar di kejauhan. Air Terjun Batu Putu yang alam sekitarnya asri juga patut dikunjungi.

9. Puncak Bogor

Foto : Puncak Bogor.

Dengan udara yang sejuk dan segar, Puncak adalah pilihan tepat bagi wisatawan lokal yang ingin mencari suasana lain dari cuaca tropis. Daerah ini biasanya dipadati orang Jakarta karena cenderung dekat. Diminati oleh para pecinta alam karena destinasi alamnya yang beragam.

Puncak Bogor punya banyak sekali objek wisata. Hampir semuanya menawarkan pemandangan alam hijau dan udara yang sejuk. Sebut saja Telaga Warna, Curug Cilember, Agrowisata Gunung Mas, hutan pinus di kawasan wisata Citamiang, dan Riung Gunung.
10. Lombok

Foto : Gili Trawangan.

Pulau Gili di Lombok adalah rumah dari banyak pantai perawan yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Destinasi ini juga merupakan destinasi yang tepat untuk diving, kayaking, yoga, dan snorkeling. Ada tiga pulau yang bisa dikunjungi, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Kita juga bisa menyaksikan budidaya penyu, sebab daerah pantai ini merupakan pusat penangkaran penyu.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Belum Populer, 10 Destinasi Wisata Ini Sedang Di Gilai Pecinta Travelling"