Jumlah Penderita DBD di Dumai Meningkat

No comment 25 views
Foto : Ilustrasi.
Foto : Ilustrasi.

DUMAI (FORLETNEWS.COM) – Sejak Januari hingga Juli tercatat ada sekitar 196 pasien yang menderita DBD, angka penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kota Dumai cukup tinggi. Khusus Juli saja ada  sekitar 18 warga yang terjangkit penyakit yang cukup membahayakan ini. Untuk itu Dinas Kesehatan mengimbau agar masyarakat mewaspadai DBD ini.

Kadis Kesehatan Kota Dumai, Faisal SKM meminta agar masyarakat berhati-hati dan selalu waspada terhadap DBD, karena saat ini masuk musim pancaroba.

“Perhatikan tempat air, karena biasanya  dimanfaatkan oleh nyamuk untuk berkembang biak,” terangnya, Senin (1/8). Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan 3M plus menabur bubuk abate pada tempat penampungan air untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk DBD.

“Yang paling penting sebenarnya menjaga  kebersihan lingkungan, terutama membersihkan selokan atau parit di sekitar rumah agar tidak jadi sarang nyamuk,” tuturnya.

Penderita DBD menurun dibandingkan Juli lalu, memang disebutkannya, penderita DBD didominasi anak-anak dibandingkan orang dewasa.

DBD juga mulai menyebar ke wilayah di luar endemis seperti Kecamatan Sungai Sembilan, Kecamatan Bukit Kapur dan Kecamatan Medang Kampai. Padahal yang merupakan wilayah endemis di Kecamatan Dumai Timur, Kecamatan Dumai Kota dan Kecamatan Dumai Barat.

 

(Sumber : Riaupos)

 

Source: riaubertuah

author
No Response

Leave a reply "Jumlah Penderita DBD di Dumai Meningkat"