Kemenag Himbau Kaum Muslimin Indonesia Tepatkan Arah Kiblat Hari Ini

Surat Himbauan Kemenag Tepatkan Arah Kiblat
Surat Himbauan Kemenag Tepatkan Arah Kiblat

PEKANBARU (Riaubertuah.co)– Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengumumkan kepada seluruh kaum muslimin di seluruh Indonesia untuk memperbaiki arah kiblat terksit pada Jum’at (27/5/2016)  matahari melintas tepat di atas Ka’bah.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Kemenag melalui surat Press Release Rashdul Kiblat 27 Mei 2016 yang berbunyi sebagai berikut.

Diberitahukan kepada kaum muslim di seluruh Indonesia, berdasarkan data astronomi bahwa pada hari Jum’at tanggal 27 Mei 2016 pukul 16:18 WIB / 17.18 WITA, matahari melintasi tepat di atas Ka’bah, sehingga baying-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah.

Sehubungan dengan itu, bagi kaum muslimin yang akan memperbaiki arah kiblatnya agar disesuaikan dengan arah bayang-bayang benda tersebut diatas.

Dalam surat tersebut juga disampaikan bahwa dalam menentukan arah kiblat tidak boleh sembarangan, kaum muslimin harus memperhatikan berbagai ketentuan yang ditetapkan agar arah kiblat yang ditentukan tepat. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penentuan arah kiblat tersebut adalah

  1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul.
  2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata
  3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Bagi kaum muslimin di seluruh Indonesia mari kita perbaiki arah kiblat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Ulul Amri kaum muslim di Indonesia (Pemerintah, red). (hr).

Source: riaubertuah

author
No Response

Leave a reply "Kemenag Himbau Kaum Muslimin Indonesia Tepatkan Arah Kiblat Hari Ini"