Pemimpin Pemberontak Suriah Tewas Dalam Serangan

Foto : Zahroun Alloush adalah pendiri kelompok pemberontak Jaysh al-Islam.640x360_afp_nocredit

Foto : Zahroun Alloush adalah pendiri kelompok pemberontak Jaysh al-Islam.

Riaubertuah.co - Pemimpin utama dan beberapa pemimpin salah satu kelompok pemberontak paling kuat di Suriah, Jaysh al-Islam, tewas dalam serangan udara di timur Damaskus.

Pendiri kelompok, Zahroun Alloush, 44, termasuk yang tewas dalam serangan roket yang jatuh di sebuah tempat pertemuan, kata kelompok pemberontak dan tentara Suriah.

Kelompok yang didukung Saudi tersebut adalah salah satu faksi terbesar dan paling dominan di daerah pedesaan di Ghouta Timur.

Kelompok ini baru-baru saja bergabung dalam pertemuan tingkat tinggi kelompok oposisi di Riyadh yang kemudian menghasilkan kerangka kerja untuk pembicaraan damai dengan pemerintah.

Sepuluh roket jatuh di pertemuan komandan Jaysh al-Islam, menurut laporan stasiun televisi yang didanai Saudi, al-Arabiya. Mereka juga melaporkan bahwa wakil pimpinan kelompok tersebut juga tewas.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh televisi pemerintah, panglima militer Suriah menyatakan mereka sudah melakukan "operasi khusus" yang menewaskan Alloush, menurut AFP.

Meski begitu, beberapa aktivis menyatakan bahwa hal ini disebabkan oleh serangan udara Rusia, namun sumber lain mengindikasikan bahwa militer Suriah melakukan serangan menggunakan roket Rusia.

Analis mengatakan bahwa hal ini adalah pukulan keras bagi kekuatan pemberontak dan ancaman terhadap upaya yang sedang berlangsung untuk menemukan resolusi politik.

Rusia, sekutu penting buat Presiden Suriah Bashar al-Assad sudah melakukan serangan udara di Suriah sejak akhir September.

Moskow menegaskan bahwa mereka menyasar kelompok ISIS, namun pemberontak dan pejabat Barat mengatakan bahwa serangan Rusia dilancarkan pada keloompok lain.

Jaysh al-Islam, yang memiliki puluhan ribu pejuang, turut serta dalam konferensi di ibu kota Saudi yang menyepakati pendekatan umum di antara kelompok pemberontak dalam menghadapi perbincangan damai yang didukung PBB dan akan berlangsung Januari.

Suriah dan Rusia tak menganggap pertemuan tersebut. Menurut mereka, kelompok yang bertemu tak mewakili oposisi dan mereka yang hadir tak dapat diterima.

author
No Response

Leave a reply "Pemimpin Pemberontak Suriah Tewas Dalam Serangan"